FLOWCHART
Simbol simbol pada Flowchart dan penjelasannya (softskill)
Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang
menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang
disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing
masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi
solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam
proses atau algoritma tersebut. Flowchart juga biasanya mempermudah
penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan
dievaluasi lebih lanjut.
Dibawah ini adalah tabel
Simbol-simbol flowchart beserta fungsinya,
Berikut beberapa contoh dalam pembuatan flowchart.
·
contoh membuat flowchart persegi
panjang :
·
contoh flowchart yang berhubungan
dengan kerusakan lampu;
·
Contoh
flowchart
untuk menghitung factorial N (N!)
Daftar isi
Simbol-Simbol
Gambar berikut adalah simbol flowchart yang umum digunakan.Jenis-Jenis Diagram Alir
- Diagram Alir Dokumen, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran dokumen.
- Diagram Alir Data, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran data.
- Diagram Alir Sistem, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran secara fisik.
- Diagram Alir Program, menunjukkan kontrol dari sebuah program dalam sebuah sistem.
Selasa, 10 November 2009
DIAGRAM ALUR(FLOWCHART)
#Diagram Alur / Flowchart#
Flowchart
-->Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan suatu kegiatan tertentu.
-->Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output.
-->bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
-->suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program
Simbol yang digunakan :
@menunjukkan awal dan akhir dari program
@memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter
@menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data
@menunjukkan proses input atau output
@untuk mewakili operasi perbandingan logika
@proses yang ditulis sebagai sub program, yaitu prosedur/ fungsi
@penghubung pada halaman yang sama
@penghubung pada halaman yang berbeda
Simbol Flowchart dan fungsinya :
Flowchart terdiri dari 3 struktur :
1.Struktur Squence /sederhana
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari ataske bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan
alirannya dari atas kebawah secara berurutan.àFlowchart dengan struktur yang beurutan
Contoh : flowchart dari algoritma mencari luas persegi panjang, Luas Lingkaran.
2. Struktur Branching / Percabangan
Diagram yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa percabangan.
Flowchart dengan stuktur percabangan digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya.
Bentuk flowchart tersebut seperti :
contoh : flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan yang dimasukan ganjil atau genap
3. Struktur Looping / Perulangan
Flowchart dengan Struktur perulangan digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Bentuk flowchart tersebut seperti:
Flowchart Looping
Contoh dari flowchart ini misalnya algoritma untuk menentukan bilangan ganjil dibawah nilai 20. Sehingga proses mencetak bilangan tersebut akan dilakukan sampai kondisi terpenuhi yaitu 20.
{Catatan}:
Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.
@ VARIABEL
Digunakan sebagai tempat untuk menyimpan nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variabel itu sendiri dan nilai yang disimpan.
Contoh pemberian nilai ke variabel :
A = 5 –> artinya Variabel A akan diberi nilai 5
A = B –> artinya Variabel A akan diberi nilai sama dengan nilai variabel B.
A = A + 1 –> Variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1.
Jenis variabel terbagi atas:
1. Variabel numerik –> berisi angka numerik / bilangan.
2. Variabel string –> berisi karakter / untaian karakter
Catatan: Flowchart yang dibuat bisa juga merupakan gabungan dari ketiga struktur diatas.
VARIABEL
Variabel, sebagai tempat untuk menyimpan suatu nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variable itu sendiri dan nilai yang disimpan.
variabel / Peubah-->suatu nilai yg dapat berubah harganya.
Contoh pemberian nilai ke variabel :
A = 5--> variabel A diberi nilai 5.
A = B-->variabel A diberi nilai sama dengan nilai variabel B.variabel B sudah memiliki nilai sebelumnya
A = A +1--> variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1. (proses increament)
Jenis variabel terbagi atas :
1.Variabel numerik--> berisi angka numerik /bilangan
2.Variabel String-->berisi karakter.
STRUKTUR BRANCHING /Percabangan
1.Bersyarat
Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH
Struktur :
A. If then
Bentuk umum penulisannya:
IF K THEN
S
ELSE---boleh ditulos atau tidak
K adalah kondisi….S adalah statement…..
B.If then else
IF K THEN S1 ELSE S2
Dengan K adalah suatu kondisi, S1 dan S2 adalah statement….
C.If then else if
D. Case of.
2.Tidak BersyaraT
Struktur : GO TO
Bentuk umum penulisannya adalah
GO TO Label;
CONTOH:
Hitung statement;
Statenment;
Statement;
Statement;
Goto hitung;
Soal Latihan :
1.Algoritma konversi jam ke menit. Dengan masukannya jam dan menit.
2.Algoritma untuk menghitung jumlah yang harus dibayar oleh pembeli dari sejumlah barang yang dibeli, setelah mendapatkan diskon 10% dengan syarat jumlah total pembelian > Rp.1.500.000,-
Jawaban Tugas 1 dan 2 (Pertemuan 1)
1.Algoritma untuk menampilkan bilangan Ganjil dari 1 sampai dengan 10
model 1:
1.Mulai
2.Tetapkan nilai Bilangan = 1 dan Batas_Bilangan = 10
3.Jika sisa pembagian (Bilangan/2) tidak sama dengan 0 (bilangan mod 2 <> 0) maka Cetak “Bilangan”, dan kelangkah 5.
4.Jika (Bilangan = Batas_Bilangan) maka ke-langkah 6
5.Nilai Bilangan ditambah 1 (Bilangan=Bilangan+1) dan kembali kelangkah 3
6.Selesai
2.Menghitung jumlah deret dari 1+2+3+ ….+ N.
1.Mulai
2.Masukan Nilai N
3.Tetapkan Bilangan = 1, Deret = 0
4.Hitung Deret = Deret + Bilangan
5.Jika Bilangan = N maka cetak Deret dan stop
6.Jika tidak, Bilangan ditambah 1 (Bilangan = Bilangan + 1) dan kembali kelangkah 4.
Flowchart
-->Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan suatu kegiatan tertentu.
-->Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output.
-->bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
-->suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program
Simbol yang digunakan :
@menunjukkan awal dan akhir dari program
@memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter
@menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data
@menunjukkan proses input atau output
@untuk mewakili operasi perbandingan logika
@proses yang ditulis sebagai sub program, yaitu prosedur/ fungsi
@penghubung pada halaman yang sama
@penghubung pada halaman yang berbeda
Simbol Flowchart dan fungsinya :
Flowchart terdiri dari 3 struktur :
1.Struktur Squence /sederhana
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari ataske bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan
alirannya dari atas kebawah secara berurutan.àFlowchart dengan struktur yang beurutan
Contoh : flowchart dari algoritma mencari luas persegi panjang, Luas Lingkaran.
2. Struktur Branching / Percabangan
Diagram yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa percabangan.
Flowchart dengan stuktur percabangan digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya.
Bentuk flowchart tersebut seperti :
contoh : flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan yang dimasukan ganjil atau genap
3. Struktur Looping / Perulangan
Flowchart dengan Struktur perulangan digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Bentuk flowchart tersebut seperti:
Flowchart Looping
Contoh dari flowchart ini misalnya algoritma untuk menentukan bilangan ganjil dibawah nilai 20. Sehingga proses mencetak bilangan tersebut akan dilakukan sampai kondisi terpenuhi yaitu 20.
{Catatan}:
Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.
@ VARIABEL
Digunakan sebagai tempat untuk menyimpan nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variabel itu sendiri dan nilai yang disimpan.
Contoh pemberian nilai ke variabel :
A = 5 –> artinya Variabel A akan diberi nilai 5
A = B –> artinya Variabel A akan diberi nilai sama dengan nilai variabel B.
A = A + 1 –> Variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1.
Jenis variabel terbagi atas:
1. Variabel numerik –> berisi angka numerik / bilangan.
2. Variabel string –> berisi karakter / untaian karakter
Catatan: Flowchart yang dibuat bisa juga merupakan gabungan dari ketiga struktur diatas.
VARIABEL
Variabel, sebagai tempat untuk menyimpan suatu nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variable itu sendiri dan nilai yang disimpan.
variabel / Peubah-->suatu nilai yg dapat berubah harganya.
Contoh pemberian nilai ke variabel :
A = 5--> variabel A diberi nilai 5.
A = B-->variabel A diberi nilai sama dengan nilai variabel B.variabel B sudah memiliki nilai sebelumnya
A = A +1--> variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1. (proses increament)
Jenis variabel terbagi atas :
1.Variabel numerik--> berisi angka numerik /bilangan
2.Variabel String-->berisi karakter.
STRUKTUR BRANCHING /Percabangan
1.Bersyarat
Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH
Struktur :
A. If then
Bentuk umum penulisannya:
IF K THEN
S
ELSE---boleh ditulos atau tidak
K adalah kondisi….S adalah statement…..
B.If then else
IF K THEN S1 ELSE S2
Dengan K adalah suatu kondisi, S1 dan S2 adalah statement….
C.If then else if
D. Case of.
2.Tidak BersyaraT
Struktur : GO TO
Bentuk umum penulisannya adalah
GO TO Label;
CONTOH:
Hitung statement;
Statenment;
Statement;
Statement;
Goto hitung;
Soal Latihan :
1.Algoritma konversi jam ke menit. Dengan masukannya jam dan menit.
2.Algoritma untuk menghitung jumlah yang harus dibayar oleh pembeli dari sejumlah barang yang dibeli, setelah mendapatkan diskon 10% dengan syarat jumlah total pembelian > Rp.1.500.000,-
Jawaban Tugas 1 dan 2 (Pertemuan 1)
1.Algoritma untuk menampilkan bilangan Ganjil dari 1 sampai dengan 10
model 1:
1.Mulai
2.Tetapkan nilai Bilangan = 1 dan Batas_Bilangan = 10
3.Jika sisa pembagian (Bilangan/2) tidak sama dengan 0 (bilangan mod 2 <> 0) maka Cetak “Bilangan”, dan kelangkah 5.
4.Jika (Bilangan = Batas_Bilangan) maka ke-langkah 6
5.Nilai Bilangan ditambah 1 (Bilangan=Bilangan+1) dan kembali kelangkah 3
6.Selesai
2.Menghitung jumlah deret dari 1+2+3+ ….+ N.
1.Mulai
2.Masukan Nilai N
3.Tetapkan Bilangan = 1, Deret = 0
4.Hitung Deret = Deret + Bilangan
5.Jika Bilangan = N maka cetak Deret dan stop
6.Jika tidak, Bilangan ditambah 1 (Bilangan = Bilangan + 1) dan kembali kelangkah 4.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar